Selasa, 25 Oktober 2011

Hujan dan Teduh (Wulan Dewatra)

Buku ini menceritakan tentang masa lalu dan masa kini cewek bernama Bintang. Di masa lalu, waktu dia SMA, dia pernah suka sama cewek bernama Kaila dan Kaila juga suka sama dia. Akhirnya, mereka pacaran diam-diam dan tetap punya pacar cowok supaya nggak ada orang yang curiga kalau mereka itu ternyata lesbian.

Sewaktu di SMA juga, Kaila pacaran sama seorang cowok. Nggak sengaja, cowoknya Kaila tau kalau Kaila itu lesbian karena ngelihat foto ciumannya sama Bintang. Foto itu disebarin di sekolah sampai Bintang dikucilkan di seluruh sekolah sedangkan Kaila sudah memutuskan untuk out of school karena nggak tahan dengan tekanan batin yang dia alami dan pada akhirnya bunuh diri.

Di masa kini, diceritakan kalau Bintang sudah kuliah. Dia ketemu sama seorang cowok bernama Noval. Mereka sempat ribut karena salah paham, namun setelah salah paham itu selesai, mereka ternyata saling suka dan pacaran. Walaupun kadang, Bintang masih sering merasa bersalah kalau punya pacar karena selalu teringat sama Kaila.

Hubungan Bintang dan Noval sudah melewati batas sampai akhirnya Bintang hamil. Yang ngebikin Bintang kecewa adalah Noval yang nggak mau tanggung jawab dan sikap cowok itu yang terlalu dingin dan pernah ke-gep Bintang selingkuh.

Karena sadar akan dosanya, Bintang-pun berhenti dan meminta Noval agar mereka pacaran normal tanpa have sex lagi. Tapi sayang Noval nggak mau juga menghina Bintang pelacur dan menyumpahi Bintang karena nggak akan ada cowok yang nggak mau sama "cewek bekas" sama dia dan kemudian Bintang memutuskan agar mereka putus aja.

Beberapa waktu berlalu, akhirnya Noval sadar kalau dia kemarin hanya emosi sesaat. Dan dia menyesal banget. Tapi sayang, Bintang sudah mengajukan aplikasi beasiswa S-2 ke-Amerika dan sebentar lagi dia harus berangkat. Namun karena Noval berusaha keras, akhirnya Bintang setuju, balik lagi sama Noval asalkan Noval sanggup menunggunya sampai selesai kuliah.

Di Amerika, Bintang sering kena sakit perut. Dan ternyata sakit perutnya itu diakibatkan oleh efek samping kecerobohan dan kebodohannya dulu, ketika dulu dia memutuskan untuk aborsi dan rahimnya mengalami infeksi sehingga satu-satunya cara supaya dia masih bisa hidup adalah dengan melakukan oprasi pengangkatan rahim dan hal itu mengakibatkan Bintang nggak akan bisa punya anak selamanya.

Setelah kembali ke Indonesia, Bintangpun memutuskan mengakhiri hubungannya dengan Noval karena takut kalau Noval akan kecewa, jika mereka menikah nanti, Bintang nggak akan bisa memberikan anak. Noval yang dengan setia menunggu Bintangpun, kecewa. Dan dia marah banget sewaktu Bintang kepergok mesra-mesraan sama cowok lain (Bintang sengaja biar Noval tau dia minta putus karena sudah punya cowok lain).

Terakhir, Ibunya Bintang ketemu sama Noval dan menceritakan semuanya yang dialami Bintang. Endingnya? Nanggung! Kita harus menebak-nebak sendiri apakah Bintang bakalan nerima Noval atau enggak kembali, karena nggak ada jawaban apa-apa dari Bintang ketika Noval minta Bintang balik lagi.

Vena Elfiana

0 komentar:

Posting Komentar